Harmoni Halal-Bihalal Lebaran 1445 Hijriyah di Espiji

17 April 2024 : April 17, 2024

0 komentar

 

espijimagz.com, Purwareja - Puasa Ramadan 1445 Hijriah telah usai ditunaikan. Bagi umat muslim, momen perayaan lebaran adalah bentuk kemenangan dari perjuangan selama shaum sebulan penuh. Ada banyak sekali bentuk rasa syukur ketika momen Idul Fitri tiba salah satunya adalah melaksnakan halal bihalal kepada sesama.

Halalbihalal berarti hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang. Halalbihalal juga diartikan sebagai bentuk silaturahmi.

SMP Negeri 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara pada Selasa,16 April 2024 kemarin melaksanakan 'ritual' silaturahmi warga sekolah dengan balutan kegiatan halal bihalal antara Guru,Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), beserta seluruh siswa kelas 7,8,dan 9. 

Kegiatan terlaksana dengan penuh khidmat di lapangan upacara Espiji mulai pukul 07.30 wib sampai selesai. Adapun sebagai koordinator kegiatan sekaligus guru mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Bapak Hartono,S.Pd. & Ibu Khotijah, S.Pd bergantian memandu kegiatan. 

Seluruh siswa Espiji terlihat sangat antusias dalam mengikuti agenda kegiatan. Koordinator acara Bapak Hartono, S.Pd. menjelaskan bahwa momen halal bihalal adalah momentum untuk kembali fitri dan menghapus kesalahan terhadap sesama. 

Bapak Hartono, S.Pd. juga bercerita mengenai bencana tsunami pada masa kenabian. Menurut penuturan beliau, bencana dahsyat yang menimpa dulu adalah salah satu teguran dari Allah SWT kepada umatnya agar senantiasa kembali ke jalan yang lurus. 

Dalam bencana itu, menurut Bapak Hartono ada pesan yang bisa diambil sebagai pelajaran yaitu untuk menjadi pribadi yang taat terhadap aturan agama dan menjalankan perintah agama, tentunya juga menjauhi larangan yang Allah SWT katakan melalui Al Qur'an.

Sementara itu, Sambutan khusus Kepala Sekolah SMP N 1 Purwareja Klampok, Bapak Hari Teguh Wibowo, S.Pd secara khusus berpesan kepada siswa Espiji untuk sungguh-sungguh dalam memaknai kegiatan halal bihalal tersebut. 

Beliau Bapak Kepala Sekolah menjelaskan, siklus paling indah dalam kehidupan adalah saling memaafkan kesalahan satu sama lain, tidak membeda-bedakan sesama, dan mampu mengerti bahwa Idul Fitri adalah waktu yang pas untuk setiap umat muslim menggapai berkah barokah serta menuju suci secara perbuatan yang digariskan oleh aturan agama islam.

Sebagai acara inti halal bihalal, seluruh siswa berbaris di lapangan upacara untuk saling bersalaman dengan Guru, TAS Espji dan meminta ketulusan dari kata memaafkan kepada sesama teman di sekolah. 

Setelah halal-bihalal  dengan siswa selesai, kemudian Bapak/Ibu guru, TAS melanjutkan agenda kegiatan silaturahmi internal di Rumah Makan Sari Rahayu 3, di kompleks perempatan lalu lintas Gandulekor, Klampok. (tim)

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © Majalah Digital Espiji - All Rights Reserved